Tujuh Kiat Bangun Subuh

By Sendaewardah - Januari 14, 2016


Halo gengs.. Apa kabar??
Ketemu lagi kita meskipun kadang saya munculnya lep lepan kadang ada kadang enggak, maafin yaa:( Baytewey sori ye saya lagi sibuk sibuknya sama penganiyayaan*pengayaan maksutnya* maklum kelas 12 heheh.. sekarang alhamdulillah saya jadi anak rajin soalnya tiap hari bangun subuh teyuus~
Loh kenapa bangun subuh? ya karena penganiyayaannya pagi, dari jam ke 0 sampai jam pertama jadi jam 6 kurang harus udah stay disekolah, ye gak?
Sebelum berangkat otomatis harus nyiapin semua sepagi mungkin, ditambah lagi jam 5 kan ngaji. So, saya harus bisa bangun sepagi mungkin bahkan lebih pagi dari ayam, kan ada pepatah tuh ya "Kalo gak bangun subuh rejekinya dipatok ayam", entah apa lah yang bener pepatah ya kek gimana tapi intinya itu. Buat kalian semua yang gak bisa banguun pagi, ada kiat-kiat nya nih.
Mau tahu kan kiat nya kayak gimana? Lihat apa yang bisa saya bagi di #Sendaensiklopedia ini!
Check this out

Tujuh Kiat Bangun Subuh
  1. Takwa dan Perhatian pada waktu sholat. Ketika kita bertakwa tentu akan dimudahkan urusannya termasuk dalam melaksanakan shalat Shubuh. Begitu pula jika seseorang perhatian dengan waktu Shalat, maka itu akan jadi kebiasaan dia. Ibaratnya kayak anak kecil yang dijanjiin mau pergi tamasya, pasti ia akan bangun sebelum waktu yang ditetapkan meskipun gak ada yang akan ngebangunin.
  2. Tidur di awal malam dan tinggalkan begadang. Ada yang mengetahui dengan detail batas waktu kapan ia harus tidur agar dapat bangun Shubuh. Jika melampaui batas waktu tersebut, ia pasti akan ketinggalan shalat, maka dalam kondisi ini ia tidak boleh begadang hingga melewati batas waktu yang dapat menyebabkanya jatuh ke dalam kelalaian dalam menunaikan kewajiban ini.
  3. Menggunakan alat-alat pengingat seperti pada jam tangan atau pada handphone
  4. Membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Agar terbiasa bangun Shubuh, maka harus dipaksakan di awal dan terus dibiasakan setelah itu. Karena jika sudah ada ritme tidur dan bangun, pasti akan mudah bangun Shubuh meski tidak menggunakan weaker atau alarm.
  5. Tidur di alas yang memudahkan proses bangun. Terkadang seseorang terpaksa harus bergadang karena suatu tuntutan, hingga ia merasa tidak akan dapat bangun pada waktu shalat, maka solusinya adalah dengan merubah alas tidur, misalnya tidur di atas lantai tanpa alas, atau tanpa bantal di luar kamar tidurnya, dan begitu seterusnya selalu melakukan perubahan-perubahan yang dapat mengusir tidur yang nyenyak dan dapat meringankan proses bangun.
  6. Menjaga adab Islami sebelum tidur. Adab sebelum tidur itu seperti, Tidur dalam keadaan berwudhu, tidur berbaring ke sisi kanan, Meniup kedua telapak tangan sambil membaca surat Al Ikhlash (qul huwallahu ahad), surat Al Falaq (qul a’udzu bi robbil falaq), dan surat An Naas (qul a’udzu bi robbinnaas), masing-masing sekali. Setelah itu mengusap kedua tangan tersebut ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dijangkau. Hal ini dilakukan sebanyak tiga kali, membaca al qur'an sebelum tidur, membaca ayat kursi sebelum tidur, membaca Doa “Bismika allahumma amuutu wa ahyaa”., dan lain lain.
  7. Meminta tolong pada Allah agar diberi kemudahan untuk bangun Shubuh. Segalanya menjadi mudah dengan pertolongan Allah termasuk ketika seseorang bertekad kuat untuk bangun Shubuh. Dan tidak mungkin Allah membiarkan do’a kita begitu saja.
Mungkin itu ya gengs kiat kiat nyaaaa~ kalo kita niat, terus diamalin pasti bisa bangun subuh terus kayak saya



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar