Anak SMA yang keren itu...

By Sendaewardah - September 30, 2015

Hasil gambar untuk aadc
Cuplikan Film Ada Apa Dengan Cinta
Hay guys, Kamu anak apa? SMA? mana buktiin sini kalo kamu emang anak SMA yang keren. Kadang saya suka heran sama mereka yang ngakunya "Gue anak SMA nihh.. keren kan?" lalu petantang petenteng gadget keluaran baru , motor gede, pacar cakep lah. Emang yang kek begituan keren? Ngaca sono ibadah kamu udah bener belum? Belajar kamu udah rajin belum? Prestasi kamu udah segimana? Sertifikat ama piagam kamu udah berapa ratus? Itu juga gadget sama motor gede dari orangtua kan? kagak usah bangga deh. Daripada kamu berbangga bangga ria dengan apa yang ortu kamu punya dengan ngaku ngaku anak SMA yang Keren, Nih saya kasih info gimana anak SMA yang bener bener Keren.. 

1. Anak SMA yang keren itu setia kawan. Mereka nggak sekedar senang-senang sama teman, tapi juga menjaga agar kawannya tidak terjerumus ke hal-hal negatif. Pertemanan itu gengs, bukan soal masing masing lagi. Kalo kamu udah nganggep seseorang itu temen , kawan, bestfriend,  kamu mesti jaga mereka biar gak terjerumus ke hal hal yang negative. Bukannya malah kerja sama ngerampok, tawuran, bully orang, Emangnya itu keren?
Hasil gambar untuk afgan dan maudy ayunda refrain
Cuplikan Film Refrain

2. Anak SMA yang keren itu kreatif, bukan konsumtif. Mereka nggak cuma sibuk menghabiskan uang jajan. Mereka bisa menabung uang jajannya untuk hal-hal yang bermanfaat. Bahkan mungkin bisa bikin usaha kecil-kecilan dengan usaha uang jajannya. Di zaman kayak gini jarang gengs yang mau hidup berakit kehulu berenang ketepian, susah dahulu senang kemudian. Semuanya pengen serba instan termasuk soal duit. Pengennya langsung minta ke ortu, gak mau tahu hari ini harus ada duit sekian tanpa mau memikirkan darimana duit itu di dapet.
Kalian bakal jadi orang tua juga, dan pasti bakal digituin sama anak kalian kelak, makannya dari sekarang ubahlah pola hidup kita jadi Kreatif bukan lagi Konsumtif. Nah, anak SMA kayak gitu keren kan?

3. Anak SMA yang keren itu berani. Bukan berani tawuran, tapi berani mengungkapkan pendapat dan kritik yang membangun secara cerdas. Hari gini masih tawuran? Please lah kalian bukan hidup dizaman perang. Ini zaman modern dimana orang orang dituntut untuk lebih mementingkan kedamaian. Ga suka tawuran, tapi suka ngritik orang, eh ujung ujungnya tawuran juga. Itu bukan Mengkritik secara cerdas bego. Mengkritik dan menyampaikan pendapat disini bukan berarti misalnya kalian liat orang pake hijab gede yang lebar gitu tapi roknya diatas tumit sedikit terus diteriakin “Woy katanya syar’I tapi kok rok pendek” bukan gitu, bukan juga hal lain yang kritiknya tuh pedas dan negative. Tapi disini kita berani untuk menyampaikan aspirasi kita, kritikan kita, pendapat kita yang bersifat membangun atau membuat seseorang lebih baik. Kalo nyampeinnya pake kritik pedas yang ada tu orang malah minder jadi malah gak mau bergaul sama kamu.

4. Anak SMA yang keren itu menghormati hak orang lain di jalan. Mereka boleh punya motor sport paling keren atau mobil mewah. Tapi dalam berkendara di jalan raya mereka tetap santun. Nggak seenaknya ngebut, melanggar peraturan lalu lintas seenak jidat sampai bikin pengendara lain resah. Bangga punya motor gede tapi gak punya SIM? Bangga kebut kebutan dijalan sampe akhirnya celaka? Tonton dong film The Tarix Jabrix, meskipun mereka itu geng motor tapi mereka tetap jadi warga Negara yang baik. Punya SIM, gak ngelanggar lalu lintas, menghormati pejalan kaki , Pake helm dll. Makannya tontonan tuh jangan sinetron mulu. Jadilah anak SMA yang menjadi contoh yang baik, salah satunya dalam Hak di jalan.
Hasil gambar untuk tarix jabrix
5. Anak SMA yang keren itu pede. Bukan cuma ngerasa pede kalau pakai produk fashion, gadget, atau handphone keluaran terbaru. Mereka pede dengan sesuatu yang ada dalam diri mereka. Mereka pede unjuk keterampilan dan keahlian; seperti dalam bidang seni, olahraga, maupun akademis. Setiap orang diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangan. Pasti kalian juga punya kelebihan dibidang2 tertentu. Nah, manfaatkan itu. Allah sudah ngasih kita potensi tapi kita gak ngembangin? Buat apa? Jangan berpikir rasa malu ditertawakan, jangan pikir tidak bisa, jangan pikir hal negative ketika kita unjuk diri. Percaya diri adalah kunci kesuksesan kita.

6. Anak SMA yang keren itu kaya. Bukan kaya karena dikasih uang jajan yang banyak dari orang tua. Tapi kaya ilmu dan wawasan. Mereka nggak cuma paham soal pelajaran, tapi juga ngerti isu-isu politik, sosial, dan ekonomi dunia internasional. Uang mah bisa dicari tapi mudah habis. Sedangkan ilmu dan wawasan? Tidak akan pernah habis dan bisa kita share keorang lain. itu bakal jadi lebih bermanfaat kan? Bahkan untuk orang islam, itu akan jadi sebuah pertanggung jawaban diakhirat nanti.
Hasil gambar untuk olimpiade indonesia cerdas
Cuplikan Olimpiade IndonesiaCerdas 

7. Anak SMA yang keren itu sering galau. Bukan galau karena masalah percintaan. Tapi selalu galau dan gelisah menatap masa depan. Mereka sadar kalau selepas tamat SMA, mereka punya tanggung jawab besar terhadap diri sendiri, Mereka selalu berusaha mengusir rasa galau tersebut dengan mengasah kemampuan, keterampilan, dan kecerdasan. Galau sama cinta mah ah.. cetek. Paling galau karena Gak bisa nyatain perasaan, galau diputusin, galau jones, galau lagi berantem. Low quality banget. Meskipun lagi galau, yang high quality dong, galaunya mau masuk ITB apa IPB nih? 

8. Anak SMA yang keren itu nggak tahu malu. Mereka nggak pernah malu-malu maju ikut lomba mewakili sekolah. Mereka nggak malu unjuk kemampuan dan nggak takut kalah duluan. Nggak pernah malu bertanya kalau belum paham pelajaran yang diterangkan di kelas. Mereka juga nggak malu datang ke sekolah dengan sepatu yang sudah usang, sepeda butut, atau seragam yang luntur. Mereka lebih memilih untuk menahan malu daripada menuntut dibelikan ini-itu ke orangtua.

9. Anak SMA yang keren itu eksis. Nggak cuma eksis di dunia maya. Tapi juga eksis di dunia nyata karena prestasi-prestasinya yang membanggakan. Kalian gak ngerasa tergoda atau kabita ngeliat temen yang jadi duta Pendidikan PBB? Atau yang juara IPhO (International Physic Olimpyc)? Kenapa kalian malah iri sama temen temen yang followers IG nya ribuan, yang post-annya banyak yang ngelike? Eh, emang kalo kalian mau kuliah hal itu jadi pertimbangan masuk PTN? Emang di perkuliahan bakal ditanya 
“Berapa followers IG kamu?” 
“10 M pak.” 
“Selamat kamu lulus tanpa sidang skripsi karena followers kamu melebihi saya, Nanti Promote yaaa..” 
Gak ada, gak ada yang begituan di kuliah mah. Tetep aja kalian kudu punya prestasi, kalian kudu eksis didunia nyata dengan jutaan prestasi, bukan jutaan Followers IG.
Gambar terkait

10. Anak SMA yang keren itu punya mimpi besar. Mereka punya cita-cita setinggi langit. Ingin menuntut ilmu setinggi mungkin. Ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, di universitas terbaik. Ingin memberi manfaat sebanyak mungkin bagi orang lain.

Nah, Sudahkah kita jadi anak SMA yang keren?

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar